Bachelor Electrical Energy Engineering | Telkom University

Pelatihan Instalasi PLTB sebagai Improve Kurikulum Pengajaran di SMK Negeri 4 Bandung

Pelatihan Instalasi PLTB sebagai Improve Kurikulum Pengajaran di SMK Negeri 4 Bandung

Pada tanggal 28 Mei 2024, tim dosen dari Prodi Teknik Sistem Energi Fakultas Teknik Elektro (Kharisma Bani Adam Ph.D., I Gede Putu Oka Indra Wijaya S.T.,M.T., Lindiasari Martha Yustika S.S.T.,M.Tr.T.) beserta tim mahasiswa (Gerald Februry Marbun, Bramantya Indracahya, Muhammad Albaihaq Abdiary YL) telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan jenis kegiatan, yaitu Pelatihan pemodelan instalasi PLTB untuk guru di SMK Negeri 4 Bandung di Jl. Kliningan No.6, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat. SMKN 4 Bandung memiliki 6 kompetensi keahlian, salah satunya yang bisa mendorong untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dalam menyukseskan transisi energi bersih yang bermanfaat adalah kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik.

Melalui pelatihan ini, diharapkan para guru akan meningkatkan pemahaman mereka tentang energi terbarukan, sehingga dapat menginspirasi dan membimbing siswa dalam memahami pentingnya energi terbarukan dan peran mereka dalam menjaga lingkungan. Selain itu, workshop ini juga diharapkan dapat memperkuat keterlibatan sekolah dalam praktik berkelanjutan dan menyebarkan kesadaran tentang pentingnya energi terbarukan di komunitas lokal. Dengan ini diharapkan dapat menjadi landasan untuk mengembangkan program pelatihan yang efektif dan berkelanjutan bagi para guru, dengan tujuan akhir meningkatkan pemahaman siswa tentang energi terbarukan dan mendorong perubahan positif dalam perilaku energi di sekolah dan masyarakat secara luas.

Program pengabdian masyarakat ini bermanfaat dalam:

  1. Membantu Guru meningkatkan pemahaman tentang konsep dan manfaat energi terbarukan.
  2. Guru dapat membantu siswa memahami peluang karir di bidang energi terbarukan dan menyiapkan mereka dengan keterampilan yang diperlukan.
  3. Memberikan kontribusi terhadap keberlajutan lingkungan, karena dengan meningkatkan pemahaman tentang energi terbarukan, guru-guru dapat membantu menciptakan lingkungan sekolah yang berkelanjutan dan memberikan contoh yang baik kepada siswa tentang pentingnya menggunakan sumber energi terbarukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *