Bachelor Electrical Energy Engineering | Telkom University

“Program Pengendalian Suhu, Kelembaban dan Ph Air Kolam pada Mini Edufarm berbasis IOT di PKBM KOP Inovasi Pendidikan Schole Fitrah” (TAHAP 1 – 2023)

“Program Pengendalian Suhu, Kelembaban dan Ph Air Kolam pada Mini Edufarm berbasis IOT di PKBM KOP Inovasi Pendidikan Schole Fitrah” (TAHAP 1 – 2023)

Masyarakat sasar pada pengabdian masyarakat kali ini adalah PKBM KOP Schole Fitrah yang tepat berada di Bojongsari, Bojongsoang, Bandung Regency, West Java 40288. Dengan jarak sekitar 6 km dari kampus tercinta kita yaitu Telkom University. Disana terdapat mini edufarm yaitu kolam budidaya ikan lele sebanyak 4, pembagian ikan lele pada 4 kolam tersebut berdasarkan ukuran-ukuran lelenya.
Dalam budidaya ikan lele tentunya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan,
terutama yaitu suhu dan pH air kolam. Yang dimana itu akan menentukan kualitas maupun kuantitas produksi budidaya yang dihasilkan. Suhu dan pH air memang
masalah yang di luar kendali kita, kita tidak dapat mengubah suhu dan pH air secara langsung, namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan.
Oleh karena itulah penelitian ini dilakuan, yaitu dengan tujuan membuat alat yang dapat mengendalikan suhu dan pH air kolam secara otomatis yang dimana luarannya akan sangat menguntungkan komunitas Schole Fitrah.
Adapun proses pembuatan alat monitor ini dapat di tonton dalam link video berikut: https://youtu.be/DXoR8bg5tmQ . Pada kunjungan pertama ini, kami akan melakukan uji coba alat. Hal yang pertama kali dilakukan adalah perangkaian kabel ataupun komponen-komponen pada alat. Dalam tahap ini, banyak sekali kabel yang dihubungkan antara mikrokontroler dengan sensor-sensor. Ada beberapa kolam ikan lele di Schole Fitrah. Karena perangkaian alat sudah selesai, alat siap diuji coba. Setelah alat berhasil dilakukan diuji coba, selanjutnya informasi terkait suhu, pH, kekeruhan, dan tinggi air kolam dapat dilihat dari layer LCD. Dilanjutkan di hari kunjungan kedua yaitu instalasi alat. Dikarenakan ada kesalahan saat instalasi, yaitu pump yang tidak kuat untuk mengangkat air kolam, jadi kami memutuskan untuk melakukan kunjungan pada hari ketiga. Setelah pumpnya diganti, terlihat bahwa air kolam sudah dapat diangkat oleh alat. Alat sudah siap berjalan setiap hari secara otomatis. Semoga pengabdian ini dapat bermanfaat bagi masyarakat secara luas. Terima kasih. JHM 20 Juli 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *